Kamis, 28 Juli 2016

ASAL USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA

Sebagian besar penduduk Indonesia termasuk kedalam ras Austronesia atau rumpun melayu .Persebarannya dari daerah asli menuju keselatan melalui jazirah Hindia dimana terdapat dua pusat persebaran bangsa yang masuk ke indonesia . Yang pertama bangsa daerah yunan di Cina selatan yang kemudian tergolong ke dalam proto melayu atau melayu tua .Yang kedua bangsa dari dataran Dongson diVietnam utara menyebar masuk ke Indonesia dan di sebut sebagai Deutero Melayu atau Melayu muda .

Menurut Fischer seorang antropolog , kelompok melayu tua datang ke Indonesia lebih dahulu dari pada kelompok melayu muda yaitu sekitar 1000 SM .Pada awalnya para migran menempati pantai - pantai Sumatra utara , Kalimantan barat , Sulawesi barat . Pada tahun 500 SM kelompok melayu muda datang dan mendesak kelompok melayu tua .

Dan akhirnya kelompok melayu tua semakin masuk kepedalaman dan hidup secara terisolasi sehingga mundurlah peradapan meraka . Mereka itulah yang kemudian menjadi suku batak , dayak dan toraja .

Kelompok melayu tua mata pencaharian mereka adalah berburu dan mengumpulkan buah - buahan .
Dan perkembangan selanjutnya mereka mulai beternak dan pengolahan tanah secara primitif .
Perpindahan kelompok melayu tua ke Indonesia dapat di telusuri rutenya dari tersebarnya alat - alat yang merekab tinggalkan secara bercerceran . Yaitu kapak persegi panjang yang d temukan di Malaka , Sumatra , Kalimantan , Sulawesi bahkan Jawadan seluruh Nusa Tenggara .

Kelompok melayu muda datang ke Indonesia melalui dua jalur yaitu jalur utara yakni dari Teluk Tongkin menuju Taiwan , Filiphina , Sulawesi , Maluku , dan Papua dengan membawa kebudayaan Neolitik berupa kampak lonjang . dan yang kedua melalui jalur selatan yakni dari Semenanjung Vietnam melewati Semenanjung Malaka , Sumatra , Jawa , Nusa Tenggara , Kalimantan , dan Sulawesi tengah .

Kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia membawa perubahan penting terhadap corak kehidupan penduduk asli . Merekalah yang memperkenalkan cara bercocok tanam , berburu , berternak , dan sebaginya .

Dalam menghadapi kedatangan bangsa pendatang tersebut penduduk asli menaggapinya dengan reaksi yang berbeda - beda . Ada yang memusuhi dan menolak kemudian pergi kedaerah pedalaman atau menuju ke Indonesia bagian Timur . Namun ada juga yang menerimanya dan kemudian bercampur dengan bangsa pendatang tersebut .

1 komentar:

  1. Kesana Kesini Bigung Cari Bandar Terpercaya Dan Aman.Ayok Daftar Kan Diri Anda.Menang kan Ratusan Juta Hanya Di Sanadomino
    ~ Bandar Poker
    ~ BandarQ
    ~ Poker
    ~ Domino
    ~ Capsa Online
    ~ AduQ
    ~Sakong
    Minimal deposit hanya Rp 20.000
    Bonus-Bonus Menarik Yang DI Berikan SanaDomino :
    * Bonus Refferal 20% Seumur Hidup
    *Bonus Casback 0,3/0,5%
    Ayo buruan daftar kan diri anda sekarang juga
    Silahkan Klik link di Bawah Untuk Mendaftar :
    http://www.sanadomino.com/Register.aspx?ref=lisalu88
    Untuk Info Keterangan Lebih Lanjut Silakan Hub :
    Cs sanadomino
    BBM : D86E8C7A 24 Jam Online
    Layanan Tercepat, Proses Deposit & Withdraw Tercepat !!!
    Kami Memprioritaskan Kenyamanan Member.
    judi poker

    BalasHapus