Senin, 08 Agustus 2016

PROSES AWAL MULA ISLAM MASUK KE INDONESIA




Indonesia adalah negara yang mayaoritas penduduknya beragama islam . Penduduk Indonesia yang menganut agama islam sekitar 85,2 % dari seluruh penduduk Indonesia . Masuk dan berkembangnya islam di Indonesia hingga pada saat ini tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang sangat panjang .
Berikut adalah penjelasan masuknya islam ke Indonesia .

Sejarah masuknya islam ke Indononeisa

Terdapat beberapa teori dan pendapat yang menyatakan kapan islam datang dan mempengaruhi bangsa Indonesia . Pendapat - pendapat tersebut bukan hanya di dasarkan oleh bukti - bukti yang telah di temukan melainkan juga berasal dari catatan - catatan sejarah yang dibuat oleh bangsa lain pada masa lampau .

a. Masuknya Islam ke Indonesia pada abad ke - 7 Masehi

Pendapat ini didasarkan pada berita yang di peroleh dari pedagang Arab yang telah menjalin hubungan perdagangan dengan Indonesia pada  perkembangan kerajaan Sriwijaya pada abad ke - 7 .
Dalam pendapat itu di sebutkan bahwa wilayah Indonesia yang menerima pengaruh Islam adalah daerah pantai Sumatra utara atau wilayah samudra pasai . Dari Samudra pasai melalui jalur perdagangan agama islam menyebar ke Malaka san selanjutnya ke pulau Jawa .

Masuknya islam ke pulau Jawa pada abad ke -7 di dasarkan berita dari Cina pada pemerintahan Dinasti Tang  . Berita itu menytakan tentang adanya orang - orang Ta'shih ( Arab dan Persia ) yang menurungkkan niatnya untuk menyerang Kaling di bawah pemerintahan ratu Sima .

b. Masuknya islam ke Indonesia pada abad ke-11 Masehi  

Sebagian ahli sejarah berpendapat bahwa islam masuk ke Indonesia sejak abad ke - 11 masehi , hal ini di buktikan dengan di temukanya batu nisan fatimah binti Maimun yang berada di dekat Gersik Jawa Timur .
batu nisan ini berangka 1028 masehi .

c. Masuknya islam ke Indonesia pada abad ke-13 masehi 

Berdasarkan berita dari Marcopollo pada tahun 1292 dan cerita dari Ibnu batutah yang mengunjungi kerajan Samudra Pasai pada abad ke- 14 maka di perkirakan islam sudah masuk ke Indonesia pada abad ke - 13 .
Selain itu terdapat batu nisan Malik l Saleh yang meninggal pada tahun 1297 juga memperkuat bukti - bukti bahwa pada saat itu sudah terdapat kerajaan islam di Indonesia .

Sejarah perkembangan islam di Indonesia 

Penyebaran agama islam di Indonesia di lakukan oleh pedagang dari Arab dan di bantu pedagang dari Persia dan India . Pada abad ke-7 Masehi masih merupakan awal mula islam datang ke Indonesia . Pada masa ini masih sedikit masyarakat yang mau menganut islam karena pada saat itu kekuasaan masih di duduki raja - raja Hindu-Budha .

Sejarah masuknya islam ke Indonesia berlangsung lama dari abad ke - 7 sampai ke abad ke - 13 Masehi selama itu pedagang dari Gujarat , Arab , dan persia masih insentif menyebarkan islam di daerah yang mereka kunjungi . Selain itu pedagan Indonesia yang sudah masuk agama islam juga membantu prose menyebarkan agama islam .

Menjelang akhir abad ke - 13 sekitar tahun 1285 berdiri kerjaan islam pertama di Indonesia yaitu kerajaan Samudra pasai . Malaka yang menjadi pusat perdagangan dan juga sebagai pusat penyebaran islam berkembang juga menjadi kerajaan baru yang bernama Kesultanan Malaka .

Pada awal abad ke-15 kerajaan Majapahit mengalami kemerosotan bahkan keruntuhan , banyak daerah kekuasaan yang melepaskan diri . Dan pada tahun 1500 berdirilah kerajaan Demak yang merupakan kerjaan islam pertama di pulau Jawa . Setelah itu di susul dengan berdiri kerjaan Kesultanan Cirebon dan Kesultanan Banten . Selain itu banyak pula kerajaan - kerajaan di luar pulau jawa yang bercorak islam .

Melalui kerajaan - kerjaan bercorak isalam itulah , agama islam berkembang pesat dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia .

Saluran penyebaran agama islam di Indonesia 

Proses masuk dan berkembangnya islam di Indonesia berjalan secara damai melalui beberapa saluran sebagai berikut :

a. Saluran perdagangan 

Proses agama islam dilakukan oleh para pedagang muslim yang menetap di pelabuhan - pelabuhan dan membentuk perkampungan muslim misalnya Pekojan .Saluran ini merupakan saluran yang dipilih sejak awal sejarah masuknya islam ke Indonesia.

b. Saluran perkawinan 

Proses penyebaran agama islam di lakukan dengan cara seseorang yang telah menganut agam islam menikah dengan seseorang yang belum masuk agama islam . Sehingga akhirnya pasangannya pun masuk agama islam.

c. Saluran dakwah 

Proses penyebarab agama islam di lakukan dengan cara memberi penerangan seperti yang di lakukan oleh wali sango dan ula - ulama lainnya .

d. Saluran tasawuf 

Proses penyebaran agama islam di lakukan dengan cara menyesuaikan pola pikir masayrakat Indonesia yang masih di pengaruhi pada ajaran Hindu - Budha .

e. Saluran seni budaya 

Proses penyebaran agama islam dilakukan dengan cara menggunakan media - media seni budaya seperti pagelaran wayang kulit yang di lakukan oleh sunana kali jaga pada upacara sakaten dan seni sastra .

f. Saluran pendidikan

Proses penyebaran agama isalm di lakukan dengan cara mendirikan pesantren- pesantren yang di selenggarakan oleh guru - guru agama , ulama - ulama .Pesantren merupakan lembaga yang penting dalam penyebaran agama islam karena pembinaan guru - guru agama dan nantinya akan membantu menyebarkan agama islam .

Alasan agama islam mudah di terima oleh masyarakat indonesia pada saat itu adalah:

1. Syarat masuk islam sangat mudah , karena jika seseorang telah mengucapkan dua kalimat syahadat maka orang tersebut sudah di anggap masuk islam .

2. Pelaksanaan biaya sederhana , dan biayanya murah .

3. Di dalam agama islam tidak terdapat pembagian kasta sehingga banyak masyarakat yang masuk islam karena ingin memperoleh derajat yang sama .

4. Aturan - aturan di dalam islam bersifat fleksibel dan tidak ada paksaan .

5. Agama islam masuk dari Gujarat , India mendapat penagaruh dari Hindu dan tasawuf sehingga mudah di pahami .

6. Penyebaran islam di Indonesia di lakukan secara aman dan damai , tidak ada kekerasan dan si sesuaikan dengan kondisi dan budaya yang ada di Indonesia .

7. Runtuhnya kerajaan Majapahit pada abad ke-15 membuat penyebaran islam di Indonesia semakin mudah karena tidak ada pengaruh dari raja - raja yang beragama Hindu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar